Visi & Misi

Visi Takaful Umum
Menjadi Perusahaan Asuransi Umum Kepercayaan Masyarakat.

Misi Takaful Umum
Bersama mewujudkan rasa aman dengan memberikan solusi pada pengelolaan resiko dan pelayanan terbaik berdasarkan prinsip-prinsip tata kelola bisnis syariah yang baik.

Tujuan Takaful Umum

  1. Mengelola resiko dengan prinsip kehati-hatian.
  2. Melayani stakeholder dengan setulus hati secara Tepat dan Terbaik
  3. Meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan Insan Takaful secara berkesinambungan
  4. Menciptakan lingkungan kerja yang kondusif melalui kerjasama tim yang solid
  5. Mencapai dan Meningkatkan pertumbuhan serta nilai perusahaan yang diharapkan oleh shareholder.

Konsep & Filosofi

Segala musibah dan bencana yang menimpa manusia adalah ketentuan Allah. Namun, manusia wajib berikhtiar untuk memperkecil resiko dan juga dampak keuangan yang mungkin timbul. Upaya tersebut seringkali tidak memadai, sehingga timbul kebutuhan akan mekanisme membagi resiko seperti yang ditawarkan oleh Takaful.

Sebagai perusahaan asuransi syariah, Takaful beroperasi dengan konsep tolong-menolong, sebagaimana telah digariskan di dalam Al-Qur’an, “Dan tolong menolonglah kamu dalam kebaikan dan takwa” (QS. Al-Maidah [5]: 2). Dengan landasan ini, Takaful menjadikan semua peserta sebagai satu keluarga besar yang akan saling melindungi dan bersama-sama menanggung resiko keuangan dari musibah yang mungkin terjadi di antara mereka.

Transaksi yang digunakan berlandaskan pada akad Tabarru’ dan akad Tijari. Akad Tijari itu sendiri meliputi Mudharabah, Mudharabah Musyarakah, dan Wakalah bil Ujroh. Semua akad tersebut terbebas dari unsur riba (bunga uang), maisir (judi), gharar (ketidakjelasan), dan zhulmun (penganiayaan) yang secara tegas dilarang dalam syariat Islam.

 

Leave a comment